Berita Bola

Apa yang Terjadi jika Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia pada 1 Juli 2024?

Tribunbola.News – APA yang terjadi jika Shin Tae-yong meninggalkan Timnas Indonesia pada 1 Juli 2024? Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia berakhir pada 30 Juni 2024.

Menurut kesepakatan awal dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, kontrak Shin Tae-yong diperpanjang jika Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023 dan melaju ke perempatfinal Piala Asia U-23 2024.

Untuk mencapai target yang kedua masuk kategori berat. Pertama, Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup neraka bersama Australia, Yordania dan tuan rumah Qatar.

Kedua, ada potensi Timnas Indonesia U-23 tidak diperkuat pemain-pemain terbaiknya. Tak hanya kesulitan memanggil pemain yang merumput di luar negeri, Shin Tae-yong juga dipusingkan dengan tiga klub Liga 1 2023-2024 yang enggan melepas sang pemain ke Timnas Indonesia U-23, yakni Borneo FC, Persija Jakarta dan PSS Sleman.

Lihat Juga:  Lionel Messi, Selamatkanlah Argentina! Lawan Meksiko Jadi Laga Hidup dan Mati di Piala Dunia 2022

Dalam wawancara dengan Naver, Shin Tae-yong mengaku belum mengambil keputusan apakah bakal memperpanjang kontrak atau tidak dengan Timnas Indonesia. Terlebih ada kabar yang mengatakan dirinya masuk radar Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) untuk dijadikan pelatih Timnas Korea Selatan.

“Saya sempat berbincang dengan Presiden Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengenai perpanjangan kontrak pada bulan Maret,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Naver.

“Jika kami lolos ke babak 16 besar Piala Asia atau perempatfinal Piala Asia U-23, kami akan sepenuhnya memenuhi persyaratan perpanjangan kontrak. Saya mengatakan kepada mereka bahwa saya diminta untuk melakukannya, dan sekarang saya pikir itu adalah sesuatu yang harus saya putuskan apakah saya harus melakukannya atau tidak,” lanjut pelatih 53 tahun ini.

Lihat Juga:  Hadeeh, Mason Mount Cedera (Lagi)

Jika tidak mendapatkan perpanjangan kontrak atau memutuskan tidak memperpanjang masa bakti bersama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bisa saja kembali bertugas sebagai pelatih Timnas Korea Selatan.

Menurut laporan News1, ada empat calon pelatih Timnas Korea Selatan. Mereka ialah Hong Myung-bo (Ulsan Hyundai), Hwan Seong-hong (Timnas Korea Selatan U-23), Choi Yong-soo (tanpa klub) dan Shin Tae-yong (Timnas Indonesia).

Lantas, apa yang terjadi jika Shin Tae-yong meninggalkan Timnas Indonesia pada 1 Juli 2024? Jika Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sang pelatih anyar memiliki waktu tiga bulan untuk menyiapkan tim.

Sebab, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai bergulir pada September 2024. Babak ini krusial karena akan diikuti tim-tim top Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Australia dan lain-lain.

Lihat Juga:  Bantai Leeds United 6-1, Begini Reaksi Diogo Jota Usai Cetak Gol Perdana Musim Ini untuk Liverpool

Satu hal yang pasti, Ivar Jenner dan kawan-kawan harus beradaptasi lagi jika benar Shin Tae-yong tak lagi menangani Timnas Indonesia. Karena itu, menarik menanti terkait kelanjutan nasib Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Similar Posts