Berita Bola

Apresiasi dan Simpati buat Kylian Mbappe: Hattrick di Final Piala Dunia, tetapi Kalah

Tribunbola.News – Kylian Mbappe menjadi satu dari dua pemain yang pernah mencetak hattrick di sebuah final Piala Dunia. Namun, dari dua nama tersebut, hanya penyerang Prancis itu yang timnya kalah dan gagal menjadi juara.

Timnas Argentina mengalahkan juara bertahan Timnas Prancis dalam partai final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Minggu, 18 Desember 2022. Bermain imbang 3-3 sepanjang waktu normal dan extra time, Argentina kemudian menang adu penalti 4-2

Tiga gol Prancis sebelum adu penalti semuanya diborong oleh Kylian Mbappe, yang kemudian juga menjalankan tugasnya dengan baik sebagai algojo pertama Prancis. Namun, performa dahsyat penyerang 23 tahun dari klub PSG ini tak cukup untuk membawa Prancis kembali meraih trofi.

Lihat Juga:  Jika Gagal Dapatkan Mbappe, Real Madrid Siap Alihkan Target ke Mohamed Salah

Final yang Menegangkan

Argentina unggul 2-0 terlebih dahulu melalui penalti Lionel Messi menit 23 dan gol Angel Di Maria menit 36, tetapi Prancis bisa menyamakan kedudukan lewat dua gol Kylian Mbappe menit 80 (penalti) dan 81. Lionel Messi kembali membawa Argentina memimpin di menit 108, tetapi Kylian Mbappe menggenapi hattrick-nya di menit 118 (penalti) untuk membuat skor kembali sama kuat.

Di babak adu penalti, Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, hanya Kylian Mbappe dan Randal Kolo Muani yang berhasil dari kubu Prancis.

Kegagalan Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni sebagai algojo kedua dan ketiga Prancis membuat Argentina menang 4-2. Argentina meraih gelar juara mereka yang ketiga, sedangkan Prancis gagal mempertahankan gelarnya.

Lihat Juga:  5 Pelajaran dari Duel Burnley vs Liverpool: Alarm Bagi The Reds

Legenda Inggris dan Kylian Mbappe

Sejauh ini, baru pernah ada dua pemain yang bisa mencetak hattrick di sebuah laga final Piala Dunia. Yang pertama adalah Geoff Hurst untuk Inggris ketika melawan Jerman Barat di final 1966. Yang kedua adalah Kylian Mbappe untuk Prancis saat melawan Argentina di final 2022.

Bedanya, hattrick Heoff Hurst membawa tuan rumah Inggris menang 4-2 lewat extra time atas Jerman Barat dalam partai final 1966 di Wembley. Itu menjadi gelar juara dunia yang pertama dan satu-satunya bagi Inggris sejauh ini.

Sementara itu, hattrick Kylian Mbappe untuk Prancis dalam laga final Qatar 2022 melawan Argentina di Lusail Stadium tak cukup untuk membawa Prancis juara. Lewat adu penalti, Mbappe dan rekan-rekannya dipaksa mengakui keunggulan Argentina.

Lihat Juga:  Sebelum Bidik Trofi, Messi-Ronaldo Diminta Putus Kutukan

Top Skor, Gelar Hiburan

Meski Prancis, Kylian Mbappe masih mendapatkan gelar hiburan. Dengan torehan delapan golnya, unggul satu gol atas sang rekan seklub Lionel Messi, dia berhak untuk Sepatu Emas sebagai top skor Piala Dunia 2022.

8 Gol – Kylian Mbappe (Prancis)
7 Gol – Lionel Messi (Argentina)
4 Gol – Julian Alvarez (Argentina), Olivier Giroud (Prancis).

Similar Posts