Berita Bola

Denzel Dumfries Setara Lionel Messi

Tribunbola.News – Peran vital Denzel Dumfries di Timnas Belanda diakui oleh Rafael van der Vaart setara seperti peran strategis Lionel Messi bersama Timnas Argentina.

Pujian itu muncul seiring penampilan impresif Dumfries pada laga keempat Grup B kualifikasi EURO 2024. Di laga itu, Belanda menang 2-1 atas Republik Irlandia, Senin (11/9/2023) WIB.

Dumfries bisa dikatakan terlibat dalam dua gol tersebut. Pada gol pertama di menit ke-19, pergerakannya di dalam kotak penalti dilanggar kiper lawan, Gavin Bazunu. Cody Gakpo yang jadi algojo sukses mengonversi kesempatan itu jadi gol.

Lalu di menit ke-56, Dumfries kembali beraksi. Pemain Inter Milan ini memberi umpan silang akurat kepada Wout Weghorst yang terlepas bebas di depan gawang.

Lihat Juga:  Tolak Rencana Manchester United Datangkan Marco Verratti

Penting untuk Belanda
Satu assist yang baru saja dicatatkannya itu membuat Dumfries kini telah berkontribusi pada 12 gol yang dicetak Belanda: tiga gol dan sembilan assist.

Jumlah tersebut membuat pemain berusia 27 tahun ini jadi pemain dengan G+A terbanyak di skuad Belanda sejak awal tahun 2022. Ia unggul empat angka dari pemain lainnya.

“Dumfries adalah keajaiban bagi kami. Sungguh tidak bisa dipercaya. Saya berpendapat, ini sebuah mukjizat,” kata van der Vaart dikutip dari Voetbal International.

Setara Messi
Kontribusi Dumfries yang begitu tinggi tidak segan membuat van der Vaart berpendapat bahwa pemain berposisi bek kanan itu setara dengan Messi di Timnas Argentina.

Lihat Juga:  Kontrak di Man United Belum Habis, Bruno Fernandes Ngaku Tertarik Main di Klub Lain

“Coba kalian perhatikan Argentina. Semua orang pasti membicarakan Messi dan perannya di dalam tim. Di sini [Belanda], kita semua membicarakan Dumfries,” katanya.

“Dia berada di jalur yang tepat. Dia bisa saja menciptakan assist yang lebih banyak dari sekarang,” imbuh dia.

Bek yang Ideal
Khusus di awal musim 2023/2024, Dumfries telah mencatatkan satu gol dan empat assist dari lima laga. Catatan itu diperoleh dari tiga laga bersama Inter dan Belanda.

Tidak hanya vital saat menyerang, Dumfries juga solid saat bertahan. Dirinya telah mencatatkan empat kali nirbobol sepanjang periode tersebut.

“Dia adalah bek yang ideal,” kata van der Vaart tegas.

Similar Posts