Berita Bola

Emiliano Martinez, Raja Penalti dari Argentina

Tribunbola.News – Timnas Argentina sukses merengkuh gelar juara di Piala Dunia 2022.

Gelar tersebut merupakan titel ketiga bagi Argentina dalam sejarah panjang Piala Dunia.

Salah satu kunci kesuksesan timnas Argentina selama mengarungi putaran final Piala Dunia di Qatar tentu saja kiprah dari para penggawa La Albiceleste.

Tak melulu soal Lionel Messi, penjaga gawang Argentina, Emiliano Martinez, juga hadir sebagai sosok penting bagi tim.

Berdiri di bawah mistar, sang kiper selalu tampil sigap mengawal gawang timnas Argentina.

Barangkali tak selalu cleen sheet, tetapi sejumlah penyelamatan penting kerap dilakukan penjaga gawang berusia 30 tahun ini.

Salah satu yang paling monumental tentu saja bagaimana Emiliano Martinez menggagalkan tendangan pemain Prancis, Randal Kolo Muani, pada menit terakhir babak perpanjangan waktu.

Lihat Juga:  Jangan Ragu! Jules Kounde Harus Masuk Daftar Transfer Manchester United

Kesigapan dan timing yang tepat menjadikan kaki Emi mampu mengeblok tendangan pemain Prancis yang menjadikan skor tetap imbang dan asa Argentina untuk menjadi juara terus terjaga.

Dalam drama adu penalti, lagi-lagi kiper yang bermain bersama Aston Villa di Premier League mampu menghalau tendangan Kingsley Coman.

Ditambah tendangan algojo ketiga Prancis yang melebar serta keberhasilan empat penendang Argentina dalam mengeksekusi penalti memastikan Emiliano Martinez menjadi juara bersama Tim Biru Langit.

Emiliano Martinez memang dikenal piawai dalam menghadapi tendangan penalti.

Sebelumnya pada laga perempat final melawan Belanda, Martinez juga sukses membaca dan menghalau dua tendangan eksekutor De Oranje.

Tahun lalu di ajang Copa America yang diadakan di Brasil, keberhasilan Argentina meluncur ke babak final juga buah keberhasilan Emi Martinez menepis tiga eksekusi algojo Kolombia.

Lihat Juga:  Kok Bisa James Maddison Tertarik Gabung Arsenal?

Hingga saat ini Emiliano Martinez baru memiliki 26 caps bersama Argentina.

Jumlah penampilannya bersama Argentina barangkali sama dengan jumlah pertandingan yang dilakoni Lionel Messi khususnya untuk putaran final Piala Dunia.

Jika Lionel Messi mampu mencetak tujuh gol di Piala Dunia 2022, maka total sudah tujuh penyelamatan penalti sukses dilakukan Emiliano Martinez dari 26 kali penampilan bersama Argentina di seluruh pertandingan maupun turnamen yang dilakoninya.

Tujuh penyelamatan penalti dari 26 caps membuat Argentina wajib bersyukur dengan hadirnya sosok Emiliano Martinez di skuad Tim Tango.

Belakangan, Emiliano Martinez dipilih untuk menerima penghargaan sebagai penjaga gawang terbaik di Piala Dunia 2022.

Sebuah penghargaan yang pantas untuk Emiliano Martinez.

Lihat Juga:  Penyebab Raphael Varane Terpuruk pada Musim Debutnya dengan Manchester United

Similar Posts