Berita Bola

Ilkay Gundogan Naik Jabatan Jadi Kapten Manchester City

Tribunbola.News – Manchester City baru saja memilih kapten baru di musim 2022/2023. Sosok yang terpilih sudah tidak asing bagi skuat Man City, yaitu Ilkay Gundogan.

Pemain yang sudah hampir tujuh tahun di Man City itu menjadi kapten bukan karena pilihan pelatih. Proses pemilihan kapten diserahkan sepenuhnya kepada rekan-rekannya.

Cara ini berlangsung lagi setelah terakhir kali Man City menetapkan kapten tim lewat proses serupa pada 2020 lalu. Hasilnya, Fernandinho yang jadi kapten.

Sebelum mendapatkan kepercayaan rekan-rekannya, Gundogan memang sudah menjabat sebagai wakil kapten di skuat. Bahkan di musim ini, pilihan kapten selalu di antara dirinya atau Kevin de Bruyne.

Sudah Sempat Menyangka

Lihat Juga:  Pep Guardiola dan Erik ten Hag Komentari Tragedi Kanjuruhan

Gundogan menyampaikan, ia sendiri tidak begitu kaget ketika diamankan sebagai kapten tim. Sebab, dia tahu posisi sebelumnya adalah sebagai wakil kapten tim. Sehingga ketika Fernandinho keluar, dirinya siap jika sewaktu-waktu ditunjuk naik jabatan.

“Saya sudah ditunjuk sebagai wakil kapten di musim lalu. Lalu dengan kepergian Fernandinho, saya pikir antara saya atau Kevin [de Bruyne] akan menjadi kapten di musim ini,” ucap dia di laman resmi klub.

“Pemilihan kapten ini sangat penting bagi pelatih. Jadi saya waktu itu hanya berpikir antara dua orang saja.”

Tetap Senang

Pemain berusia 32 tahun ini tersanjung karena rekan-rekannya mempercayai dirinya sebagai kapten tim. Walaupun, ia tidak masalah jika memang keputusan tersebut diberikan kepada De Bruyne.

Lihat Juga:  Awas Manchester United, Chelsea Juga Kesengsem Antony

“Saya jelas senang dan bangga bahwa rekan satu tim saya memilih saya sebagai kapten, tetapi saya akan sama senangnya jika yang terpilih itu Kevin,” kata Gundogan.

“Tapi pada akhirnya, kami tetap memiliki lima sosok pemain yang bisa memimpin tim ini dalam banyak hal. Jadi saya tidak melihat diri saya sendiri sebagai satu-satunya pemimpin di sini.”

Semakin Spesial

Ban kapten yang dimiliki oleh Gundogan itu terasa lebih spesial mengingat masa bakti pemain asal Jerman itu yang begitu lama. Masa baktinya di Man City mengalahkan durasinya berseragam Borussia Dortmund yang hanya lima tahun.

“Sebagai seseorang yang tidak besar di sini, apalagi lahir di sini, ini adalah penghormatan besar buat saya dengan menjadi kapten. Saya sudah di klub ini selama enam tahun dan sekarang memasuki tahun ketujuh,” tandas dia.

Lihat Juga:  Evaluasi Timnas Indonesia Jelang Hadapi Taiwan di Leg II, Shin Tae-Yong Soroti Hal Ini

Sumber: Manchester City Official

Similar Posts