Berita Bola

Ingin Kalahkan Italia? Pisahkan Chiellini dan Bonucci!

Tribunbola.News – Italia racikan Roberto Mancini sukses menjuarai Euro 2020 usai mengalahkan Inggris lewat adu penalti di final. Dua bek sentral senior, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, merupakan pilar penting di balik kesuksesan Italia.

Italia dan Inggris bermain seri 1-1 dalam partai final di Wembley hingga habis waktu normal. Sampai akhir extra time pun skor tetap tak berubah. Adu penalti digelar, dan Italia menang 3-2.

Bonucci terpilih sebagai Man of the Match. Bek 34 tahun Italia itu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit 67 setelah timnya sempat tertinggal di menit 2. Di babak adu penalti, Bonucci juga menjalankan tugasnya dengan baik sebagai algojo ketiga Italia.

Lihat Juga:  Performa Timnas Indonesia di Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2020: Loyo di Babak Kedua

Bonucci, bersama sang kapten Chiellini (36 tahun), tampil solid di jantung pertahanan Italia. Itulah salah satu faktor utama dalam keberhasilan Gli Azzurri merengkuh titel Piala Eropa mereka yang kedua.

Chiellini dan Bonucci Starter, Italia Tak Terkalahkan

Italia mulai ditangani Roberto Mancini sejak 14 Mei 2018. Dia ditunjuk menyusul kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018. Hasil kerjanya terbukti sangat memuaskan.

Chiellini dan Bonucci adalah andalan Mancini di jantung pertahanan Italia. Setiap kali dua bek itu ada di starting XI, Italia racikan Mancini masih belum pernah tersentuh kekalahan.

Lihat Juga:  Depay Ingin Jadi Pemain Pembangkang di Barcelona, Kok Gitu?

Termasuk final Euro 2020 kontra Inggris, berarti Italia racikan Mancini sudah melalui 16 pertandingan dengan Chiellini plus Bonucci sebagai starter, dan hasilnya adalah sepuluh kali menang serta enam kali seri (M10 S6 K0)

34 Laga Beruntun Tak Terkalahkan

Dengan hasil kontra Inggris di final Euro 2020, berarti Italia tak terkalahkan dalam 34 laga terakhirnya.

Pasukan Roberto Mancini terakhir kali menelan kekalahan adalah 0-1 kontra Portugal di UEFA Nations League pada September 2018. Waktu itu, duet bek sentral Italia adalah Alessio Romagnoli dan Mattia Caldara. Chiellini dan Bonucci hanya duduk di bangku cadangan.

Sejak itu, Italia racikan Mancini sulit dihentikan. Termasuk di antara pencapaian-pencapaiannya adalah rekor sempurna di Kualifikasi Euro 2020, dan tentu saja keberhasilan menjadi juara Eropa.

Lihat Juga:  Ingin Tinggalkan Man United, Bisakah Ronaldo Disalahkan?

Italia punya kiper tangguh, lini tengah yang kreatif, lini depan yang bisa diandalkan, serta lini belakang solid yang digalang oleh Chiellini dan Bonucci. Itulah kekuatan Gli Azzurri. (bola.net)

Similar Posts