Berita Bola

Jordan Henderson, Jude Bellingham, dan Declan Rice: Trio Sempurna Lini Tengah Inggris

Tribunbola.News – Inggris akhirnya menemukan komposisi terbaik dan paling sempurna untuk lini tengah. Setelah nyaman dengan duet Jude Bellingham dan Declan Rice selama beberapa waktu, kini ada Jordan Henderson yang melengkapinya jadi trio terbaik Inggris sejauh ini.

Komposisi trio lini tengah tersebut dimainkan saat Inggris menghajar Senegal 3-0 pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Senin (5/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan tersebut meloloskan Inggris ke babak perempat final.

Susunan yang sama sebelumnya sudah pernah dicoba pada laga terakhir fase grup melawan Wales. Hasilnya, Inggris juga menang 3-0.

Oleh karena itu, Matthew Upson menilai, kedatangan Henderson di lini tengah Inggris berpengaruh besar. Ia seolah menyempurnakan duet solid Rice dan Bellingham.

Lihat Juga:  Segera Gabung dengan PSG, Gianluigi Donnarumma Kirim Pesan Perpisahan untuk AC Milan

Sempat Diragukan

Pemanggilan Henderson ke skuad Inggris untuk Piala Dunia 2022 sempat diperdebatkan. Usianya sudah 32 tahun dan dianggap tak layak untuk berebut tempat utama dengan pemain-pemain Inggris lain.

“Pemanggilan Henderson adalah hal yang memang bisa diperdebatkan, tetapi tidak untuk sekarang,” ucap Upson di BBC.

Upson menilai, perdebatan yang sempat terjadi di awal pemanggilan tidak perlu diungkit lagi untuk sekarang. Satu gol yang dibuat Henderson menunjukkan bahwa pemain Liverpool itu belum habis untuk tim nasional.

Pengaruh Besar

Pengaruh Henderson di laga tersebut terhitung sangat besar. Tiga kali menang duel dari tiga percobaan, enam pemulihan, dan satu kali tekel sukses jadi buktinya.

Lihat Juga:  Jika Cristiano Ronaldo Dilepas ke Chelsea, Man United Bisa Rugi Sendiri

Tidak hanya itu, Upson juga melihat pergerakan Henderson di lapangan semakin menunjukkan pengaruhnya untuk Inggris. Ia bisa bergerak bebas karena ditopang oleh gelandang Inggris lain.

“Henderson selalu datang ke kotak penalti dengan waktu yang tepat. Dia punya kebebasan melakukan itu karena mengetahui ada Declan Rice di belakangnya,” ucap dia.

Sempurna

Sebelum Henderson dimainkan jadi starter, Inggris menggunakan formasi 4-2-3-1. Double pivot diisi oleh Rice dan Bellingham, kemudian posisi nomor 10 diisi oleh Mason Mount.

Trio tersebut sempat membuat Inggris berpesta gol ke gawang Iran (6-2), tetapi tidak berdaya saat menghadapi Amerika Serikat (0-0).

Baru sejak Henderson masuk di dua laga terakhir, Inggris jadi lebih solid dengan formasi 4-3-3. Inggris masing-masing menang dengan skor 3-0 melawan Wales dan Senegal.

Lihat Juga:  Kurang 1 Gol Lagi, Lionel Messi bakal Cetak Rekor Langka sekaligus Pecundangi Cristiano Ronaldo

“Trio gelandang yang di pertandingan ini sungguh luar biasa bagi saya,” ujar Upson mengakhiri.

Similar Posts