Berita Bola

Kerja Tak Kasatmata Solskjaer, Perbaiki Performa Set Piece Manchester United

Tribunbola.News – Ole Gunnar Solskjaer menyiapkan segala aspek agar Manchester United bersaing untuk gelar juara pada musim 2021/2022. Salah satu pekerjaan yang dilakukan adalah membenahi kemampuan set piece Setan Merah.

Berbeda dengan keputusan terkait bursa transfer atau pergantian formasi, kerja Solskjaer terkait set piece bisa dibilang tidak kasatmata. Tidak banyak yang menyadarinya, tetapi ini bisa jadi pembeda.

Beberapa tahun terakhir, United tidak memaksimalkan situasi bola mati dengan baik. Bahkan, musim lalu, dari 197 kali sepak sudut yang didapat, tidak banyak gol yang dicetak United dari situasi itu.

Tunjuk Eric Ramsey

Solskjaer sangat serius memperbaiki set piece Manchester United. Hal itu bisa dilihat ketika pada Juli lalu dia memasukkan nama Eric Ramsey sebagai bagian dari staf pelatih United. Dia punya tugas yang sangat spesifik.

Lihat Juga:  Termasuk Cristiano Ronaldo, 11 Pemain Manchester United Ingin Hengkang karena Tak Puas dengan Ralf Rangnick

Eric Ramsey punya tugas mengatur situasi set piece yang dihadapi United, baik cara bertahan maupun menyerang.

Ramsey segera memberi dampak bagi Setan Merah. Sejauh ini, United belum pernah kebobolan dari situasi set piece. Para pemain pun bergerak lebih rapi saat situasi bola mati. Pembagian tugas pun sangat jelas.

Apa yang Berubah?

Eric Laurie, mantan tim pelatih Molde pada era Solskjaer, menjelaskan apa yang berubah dari United dalam situasi set piece, khususnya sepak sudut. Eric Laurie memberikan beberapa contoh pola baru United di bawah Ramsey.

“Mereka telah menggunakan tanda hybrid (zona dan man) di sudut pertahanan, biasanya dengan 4-5 pemain zona, dan itu cukup solid,” kata Eric Laurie.

Lihat Juga:  Jadwal Opening Ceremony Piala Dunia 2022, Diramaikan Jung Kook BTS dan Black Eyed Peas

“Sisanya adalah poin serangan balik atau man-marking.”

https://twitter.com/EricLaurie/status/1433844741322461186

Eric Ramsay punya tiga variasi situasi sepak sudut. Ada pemain yang secara khusus mendapat tugas melakukan marking. Ada juga pemain yang menjadi target umpan [saat situasi menyerang]. Semua diatur sangat rapi.3 dari 3

Maksimalkan Ronaldo

Sejauh ini, hasil kerja Solskjaer dan Ramsay masih belum bisa dilihat secara signifikan. Namun, United jauh lebih siap dan solid dalam situasi bola mati. Dan, kehadiran Cristiano Ronaldo bakal jadi kunci.

Ronaldo punya kemampuan melompat yang tinggi dan sundulan istimewa. Ronaldo telah membuktikan dan dia bisa menjadi senjata mematikan bagi setiap set piece yang didapat United.

Kini, United bakal punya banyak pemain yang bisa mencetak gol dari sepak sudut. Selain Ronaldo, ada juga Paul Pogba, Harry Maguire, hingga Raphael Varane yang bisa jadi senjata rahasia Setan Merah. (bola.net)

Lihat Juga:  Aguero: Gelar Juara Copa America 2021 Paling Dibutuhkan Lionel Messi

Similar Posts