Berita Bola

Kiprah Lionel Messi di Piala Dunia: Performa Biasa Aja, tapi Hampir Juara

Tribunbola.News – Piala Dunia 2022 akan menjadi turnamen antarnegara akbar terakhir yang akan diikuti oleh Lionel Messi. Kepastian itu disampaikan La Pulga dalam sebuah wawancara dengan Starplus.

Artinya, turnamen yang akan berlangsung di Qatar bakal menjadi edisi perpisahan bagi Messi. Sekaligus menjadi yang kelima dalam kariernya bersama Timnas Argentina.

Lionel Messi sendiri merupakan pemain yang bergelimang gelar individu dan trofi. Namun, mantan penyerang Barcelona itu tak cukup bersinar ketika tampil di Piala Dunia.

Pemain Paris Saint-Germain hanya mencetak 6 gol dan 5 assist dari empat edisi Piala Dunia yang telah diikutinya. Bahkan, ia pernah absen mencetak gol pada Piala Dunia 2010.

Penasaran bagaimana kiprah Lionel Messi di Piala Dunia? Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

Lihat Juga:  13 Hari Menuju Piala Dunia 2022, Philippe Coutinho Cedera

Piala Dunia 2006

Lionel Messi menjalani debut di Piala Dunia pada edisi 2006 yang berlangsung di Jerman. Saat itu, usianya masih 19 tahun dan sudah menjadi bagian dari Barcelona.

Lionel Messi tampil pertama kali dalam laga kedua grup C menghadapi Serbia dan Montenegro. Lionel Messi turun dari bangku cadangan menggantikan Maxi Rodriguez.

Lionel Messi mencetak 1 gol dan 1 assist untuk kemenangan 6-0 Argentina. Namun, setelah itu, dia belum bisa berkontribusi lagi hingga La Albiceleste tersingkir di perempat final.

Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2010 menjadi salah satu edisi paling buruk dalam karier Lionel Messi. Sebab, dia tidak mampu menyumbang 1 gol pun untuk Timnas Argentina sejak fase grup hingga perempat final.

Lihat Juga:  Cristiano Ronaldo Silakan Pergi, Pemain Man United Tak Bakal Nangis

Padahal, dalam kurun waktu tersebut, Lionel Messi menjadi mesin gol Barcelona. Sejumlah gelar top skor didapatkan di kompetisi domestik maupun Eropa.

Satu-satunya kontribusi Lionel Messi adalah mencetak 1 assist pada babak 16 besar melawan Meksiko. Timnas Argentina menang 3-1 dalam turnamen yang digelar di Afrika Selatan itu.

Piala Dunia 2014

Produktivitas Lionel Messi cukup meningkat pada Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Dia juga mampu membawa Timnas Argentina hingga partai final.

Lionel Messi mencetak 4 gol dan 1 assist, termasuk brace ke gawang Nigeria pada laga pemungkas grup F. Akan tetapi, dia ‘mandul’ ketika Timnas Argentina tampil di fase gugur.

La Pulga gagal membawa Argentina menjadi juara setelah kalah dari Jerman dengan skor tipis 0-1. Namun, di akhir turnamen, dia terpilih sebagai pemain terbaik.

Lihat Juga:  Jerman Lawan Paling Berat, Takumi Minamino Sudah Pegang Rahasia Mentalitas Menang

Piala Dunia 2018

Lionel Messi membobol gawang Bolivia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol (c) AP Photo
Di Piala Dunia 2018, Lionel Messi juga tidak bisa berbicara banyak. Dia hanya mampu menyumbang 1 gol dan 2 assist untuk Timnas Argentina.

Dalam turnamen yang berlangsung di Rusia tersebut, Lionel Messi hanya mampu membawa Timnas Argentina hingga babak 16 besar. Mereka kalah 3-4 dari Prancis.

Selama diperkuat Lionel Messi, Piala Dunia 2018 juga menjadi capaian terburuk Argentina. Karena di tiga edisi sebelumnya, mereka bisa tampil hingga perempat final.

Similar Posts