Berita Bola

Latihan Penalti Nyentrik ala Timnas Inggris, Tendang Langsung tanpa Hadapi Kiper

Tribunbola.News – Timnas Inggris mempersiapkan diri menghadapi Piala Dunia 2022 sedetail mungkin. Bahkan, The Three Lions sudah berlatih tendangan penalti meskipun baru akan menghadapi laga perdana di Grup B.

Piala Dunia 2022 sudah dimulai dan setiap tim harus bersiap menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam pertandingan. Artinya, tim-tim tersebut juga harus siap menghadapi kesempatan penalti atau bahkan babak adu penalti.

Babak adu penalti biasanya baru dimainkan di fase gugur. Jadi, masih ada waktu berlatih cukup lama sebelum turnamen menuntaskan fase grup.

Biar begitu, latihan menendang penalti seharusnya sudah jadi salah satu menu latihan rutin untuk setiap tim. Dengan melatihnya terus-menerus, kemampuan kiper dan eksekutor bisa terus meningkat.

Lihat Juga:  Dicari: Tim yang Bisa Mengalahkan Manchester United!

Menariknya, untuk Piala Dunia 2022, Timnas Inggris justru melakukan latihan penalti yang unik. Skuad Gareth Southgate masih berlatih penalti secara rutin, tapi tidak terus-menerus menggunakan kiper. Apa maksudnya?

Alasan Berlatih Penalti Tanpa Kiper

Rahasia Inggris ini dibongkar langsung oleh salah satu kiper mereka, Aaron Ramsdale. Biasanya latihan penalti dilakukan dengan melibatkan kiper tim secara bergantian.

Namun, untuk kali ini, Inggris sengaja membiarkan para eksekutor berlatih sendiri terlebih dahulu, tidak langsung berlatih dengan kiper.

“Sampai saat ini kami bahkan belum melatih penalti dengan kiper. Kami punya alat bantu yang disebut skills net dengan sudut-sudut yang berlubang,” ujar Ramsdale, seperti dikutip dari Sky Sports, Senin (21/11/2022.

Lihat Juga:  AC Milan Resmi Datangkan Deputi Mike Maignan, Pemain Kolombia Ke-5 di San Siro

“Untuk saat ini, saya kira para pemian hanya melatih teknik mereka. Saya kira justru bakal merugikan jika mereka langsung menghadapi penjaga gawang, sebab kami bisa mulai menebak arah tendangan mereka,” imbuhnya.

Inggris akan melakoni laga perdana Piala Dunia 2022 di Grup B dengan melawan Iran, Senin (21/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 21/11/2022)

Cegah Pemain Kehilangan Kepercayaan Diri

Intinya, jika para eksekutor penalti Inggris langsung menghadapi kiper, kemungkinan tendangan mereka ditebak akan semakin tinggi. Jika itu yang terjadi, kepercayaan diri pemain bisa merosot.

“Kiper akan mulai menebak-nebak, khususnya karena kami tidak mau terus-menerus dibobol. Jadi, saya rasa para pemain baru akan menendang dengan menghadapi kiper di akhir nanti,” lanjut Ramsdale.

Lihat Juga:  Scott McTominay Galau: Menit Bermain Makin Sedikit dan Memikirkan Opsi Tinggalkan MU

“Jika kiper tahu arah tendangan Anda sampai tujuh kali dari 10 tembakan, dan kiper mulai bergerak lebih cepat untuk menghentikan bola, para penendang bisa mulai grogi,” tutupnya.

Similar Posts