Berita Bola

Mungkinkah Manchester United Pulangkan David de Gea untuk Gantikan Andre Onana?

Tribunbola.News – Keputusan Manchester United untuk mengganti David de Gea dengan Andre Onana sebagai kiper utama tidak berjalan baik sejauh ini.

Onana yang sudah enam kali bermain bersama Man United telah kebobolan 14 gol! Eks kiper Inter Milan yang diboyong seharga 52,5 juta Euro itu baru mencatatkan satu kali nirbobol.

Tidak hanya catatan buruk, Onana kembali jadi bahan olok-olokan usai Man United kalah 3-4 dari Bayern Munchen di Allianz Arena pada matchday 1 Grup A Liga Champions 2023/2024, Kamis (21/9/2023) WIB.

Onana melakukan kesalahan fatal yang membantu Munchen memecah kebuntuan di menit ke-29. Ia gagal mengamankan tendangan tidak berbahaya dari Leroy Sane.

Lihat Juga:  Arsenal vs Brentford, Mikel Arteta Ingin Lihat Christian Eriksen Bermain

Publik kini mulai merindukan sosok de Gea yang dilepas Man United di musim panas 2023 lalu. Mungkinkah de Gea didatangkan kembali untuk menggantikan Onana?

Kronologi de Gea Hengkang
Karier de Gea di Man United berakhir usai kontraknya habis. Man United sudah coba menawarkan kontrak baru dengan beberapa pertimbangan, yaitu tidak ada jaminan jadi kiper utama dan gajinya berkurang drastis.

De Gea awalnya mengiyakan tawaran tersebut. Namun saat kontrak akan ditandatangani, Man United merevisi sodoran kontrak tersebut. Gaji yang sudah dipangkas banyak, lalu dipangkas lebih banyak lagi.

Keputusan itu membuat de Gea tidak jadi memperbaharui kontraknya. Alhasil, dirinya berstatus bebas transfer di musim panas 2023.

Lihat Juga:  5 Cara Manchester United Supaya Finis 4 Besar di Liga Inggris 2021-2022, Nomor 1 Cadangkan Cristiano Ronaldo

Status Bebas Transfer
Bagi pemain-pemain yang kini tidak terikat kontrak dengan klub manapun, seperti de Gea, status mereka sekarang adalah bebas transfer.

Bebas transfer berarti klub manapun yang akan meminang mereka tidak perlu membayar biaya transfer. Pihak-pihak terkait hanya fokus membahas soal kontrak dan gaji.

Selain itu, pemain dengan bebas transfer ini bisa didatangkan kapan saja, sekalipun bursa transfer sudah ditutup. Hal yang sama bisa dilakukan pada de Gea.

Jadi, mungkinkah Man United memulangkan de Gea? Jawabannya sangat mungkin. Tinggal bagaimana negosiasi kontrak antara kedua belah pihak.

Tidak Bisa Langsung Bermain
Masalahnya, sekalipun Man United bisa menggoda de Gea kembali, sang kiper tidak bisa langsung bermain dan menggantikan Onana sebagai kiper utama.

Lihat Juga:  Potensi Superclasico Brasil Vs Argentina di Semifinal!

Itu terjadi karena pendaftaran skuad Liga Inggris dan Liga Champions sudah ditutup. De Gea tidak boleh bermain jika belum didaftarkan.

Jadi kalaupun de Gea kembali, Man United hanya bisa mengandalkannya di piala domestik yang tidak ada aturan soal pendaftaran skuad.

De Gea baru bisa didaftarkan di Liga Inggris di pertengahan musim nanti, saat bursa transfer musim dingin 2024 dibuka atau saat Liga Champions memasuki babak gugur (jika Man United lolos).

Similar Posts