Berita Bola

Pertahanan Manchester United Bobrok!

Tribunbola.News – Pertahanan Manchester United seperti tidak ada harga dirinya di awal musim 2023/2024. Menghadapi siapapun, Man United mudah sekali kebobolan. Bobrok betul!

Man United baru sekali mencatatkan clean sheet di musim ini. Itu terjadi pada pekan ke-1 Liga Inggris saat menang 1-0 melawan Wolverhampton.

Pertandingan itu semacam fatamorgana bahwa pertahanan Man United akan baik-baik saja. Sebab, dari lima laga selanjutnya, 14 gol sudah bersarang ke gawang Man United.

Pelakunya beragam, mulai dari klub besar, seperti Arsenal (1-3) dan Tottenham (0-2), sampai klub ‘kecil’ semacam Brighton (1-3) dan Nottingham Forest (3-2).

Bayern Munchen jadi lawan terakhir yang membuktikan betapa bobroknya pertahanan Man United. Munchen menang 4-3 pada matchday 1 Grup A Liga Champions 2023/2024 di Allianz Arena, Kamis (21/9/2023) WIB.

Lihat Juga:  Chelsea Menang dan Raih Clean Sheet, Tuchel Acungi Jempol Performa Thiago Silva

Gol-gol mudah

Pertahanan Man United jadi sorotan utama manajer Erik ten Hag. Ia mengakui betapa mudah lawan melewati skema bertahan timnya dan menciptakan gol.

“Kalau kita bisa lihat ulang gol-gol yang tercipta, itu semua gol-gol giveaway,” ucapnya kesal dikutip dari Manchester Evening News.

“Di gol pertama memang Onana salah antisipasi, tetapi lihat juga bagaimana Sane bisa dengan mudah masuk dan menembak, yang artinya itu bukan hanya salah Onana,” lanjut ten Hag.

Kurang Determinasi

Ten Hag menilai, para pemain Man United seperti kurang determinasi. Tidak ada sikap rela berkorban untuk bisa menjaga gawang mereka mati-matian.

“Kami seharusnya bisa melampaui batas individu dan tim untuk menang. Kami seharusnya rela menderita dan berkorban dan melakukan apapun untuk menghentikan lawan,” paparnya.

Lihat Juga:  Mental Juara, Maguire Semangat Sambut Varane

“Kami harus bisa membawa keberuntungan kami sendiri dengan cara determinasi yang tinggi. Karena tidak ada yang bisa membawa keberuntungan kepada kami, selain diri kami sendiri,” imbuh dia.

Aspek Serangan Tidak Diragukan
Aspek pertahanan ini harus segera dibenahi untuk mengimbangi aspek serangan Man United yang terbilang lumayan. Buktinya di laga melawan Munchen, Man United sanggup mencuri tiga gol.

“Tentunya kami kecewa. Kalau kami bisa mencetak tiga gol di Munchen, seharusnya kami bisa membawa pulang satu poin, tetapi itu tidak terjadi,” ucap ten Hag.

Tidak hanya di laga melawan Munchen, serangan Man United yang mematikan itu tampak sejak awal musim.

Seringnya Tidak Beruntung
Namun memang, ada beberapa momen saat Man United tidak beruntung. Misalnya, gol Alejandro Garnacho ke gawang Arsenal yang dianulir karena offside.

Lihat Juga:  Efek Tolak Man United, Jude Bellingham Jadi Menggila di Real Madrid

Rasmus Hojlund juga sempat mencetak gol ke gawang Brighton, tetapi kemudian dianulir karena offside lagi. Dua momen yang gagal jadi gol ini juga jadi pembeda di laga-laga tersebut.

Man United juga sebenarnya bukan tim yang inferior dari enam pertandingan musim ini. Gaya main mereka tetap jadi ancaman bagi lawan-lawannya. Yang harus digarisbawahi adalah kualitas pertahanan mereka!

Similar Posts