Berita Bola

Pertama Setelah 7 Edisi Piala Dunia, Tidak Ada Tim yang Sempurna di Fase Grup

Tribunbola.News – Fase grup Piala Dunia 2022 mengulangi Piala Dunia 2014 ketika tidak ada satu pun tim yang mengoleksi angka sempurna dari tiga kemenangan.

Pertandingan dari Grup G dan Grup H menutup rangkaian fase grup Piala Dunia 2022.

Pada Jumat (2/12/2022), Portugal bertemu Korea Selatan dan Uruguay bersua Ghana dalam pertandingan Grup H.

Timnas Portugal hanya butuh hasil seri untuk menyempurnakan posisi sebagai juara Grup H setelah mereka memastikan diri lolos ke babak 16 besar sejak pertandingan kedua kontra timnas Uruguay.

Nyatanya, timnas Korea Selatan yang berjaya dengan menang 2-1 atas Portugal dalam pertandingan di Education City Stadium dan lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup H.

Lihat Juga:  Arsenal vs Brentford, Mikel Arteta Ingin Lihat Christian Eriksen Bermain

Adapun posisi Portugal tidak terpengaruh. Mereka masih menjadi juara Grup H dengan 6 poin, sedangkan Korea Selatan menjadi runner-up dengan 4 poin.

Situasi Portugal identik dengan Brasil pada matchday 3 Grup G, Jumat (2/12/2022) waktu setempat atau Sabtu pukul 02.00 WIB.

Brasil sudah lolos ke babak 16 besar dengan 6 poin. Kemenangan bukan kewajiban, tetapi akan menyempurnakan langkah Selecao ke fase gugur.

Nyatanya, saat bertemu Kamerun di Lusail Stadium, Brasil justru kalah 0-1.

Skuad asuhan Tite lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup, tetapi raihan poin mereka tidak berubah.

Di pertandingan lain, Swiss menang 3-2 dan menjadi runner-up Grup G dengan poin sama seperti Brasil, tetapi kalah selisih gol.

Lihat Juga:  5 Pelajaran dari Laga Cadiz vs Real Madrid: Los Blancos Punya Banyak PR Sebelum Hadapi Liverpool

Hasil dari duel di Grup G dan Grup H memastikan tidak ada satu pun tim yang sukses lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 dengan poin sempurna.

Catatan dari Opta yang BolaSport.com kutip menyebutkan situasi ini mengulangi pencapaian pada Piala Dunia 1994 alias berjarak tujuh edisi Piala Dunia dari turnamen yang berlangsung di Qatar saat ini.

Kala itu, Brasil dan Jerman menjadi tim dengan poin terbanyak di fase grup lewat torehan 7 poin.

Situasi serupa terjadi juga di Piala Dunia 2022. Tidak ada satu pun tim yang bisa menyempurnakan perjalanan di fase grup dengan membungkus tiga kemenangan.

Ada tiga tim yang lolos ke babak 16 besar dengan tujuh poin, yaitu Belanda, Inggris, dan Maroko.

Lihat Juga:  Argentina Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Lionel Scaloni Mengeluhkan Jadwal Lawan Australia

Di sisi lain, Polandia, Spanyol, dan Korea Selatan menjadi tim yang lolos ke fase gugur dengan raihan angka terkecil, 4 poin.

Similar Posts