Berita Bola

Pulang ke Manchester United, Cristiano Ronaldo Belum Habis

Tribunbola.News – Cristiano Ronaldo tak mau ketinggalan dalam memeriahkan bursa transfer musim panas 2021/2022. Pemain asal Portugal ini meninggalkan Juventus dan ‘pulang’ ke Manchester United.

Kepastian ‘pulangnya’ Ronaldo ke Old Trafford dipastikan oleh Setan Merah, Jumat (27/08). Fabrizio Romano, jurnalis yang kerap meliput isu-isu transfer, menyebut bahwa United harus mengeluarkan dana segar sebesar 15 juta euro dengan kemungkinan tambahan 8 juta euro.

‘Kepulangan’ Ronaldo ini disambut gembira para suporter United. Mereka menilai kepulangan si anak hilang ini bakal kian memperkuat skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut.

Namun, ada juga suara sumbang terkait kepulangan Ronaldo ini. Umumnya mereka ragu Ronaldo bakal bisa bersinar. Penyebabnya? Apa lagi kalau bukan usia Ronaldo yang sudah menginjak 36 tahun, senja untuk ukuran pesepak bola profesional.

Secara statistik, kedatangan Ronaldo merupakan berkah bagi United. Apa saja catatan-catatan statistik yang menunjukkan bahwa pemain asal Portugal ini belum habis? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Pandai Ciptakan Peluang

Usia Ronaldo boleh saja senja untuk ukuran pesepak bola profesional. Namun, untuk urusan performa, ia justru menunjukkan peningkatan, terutama pada musim lalu.

Lihat Juga:  Digantung Pogba, Manchester United Bakal Impor Gelandang dari Italia?

Musim 2020/2022, Ronaldo mencatatkan nilai expected goals (xG) sebesar 29,84. Ini merupakan total kualitas peluang yang ia catatkan dalam 2807 menit bermain. Angka ini lebih besar ketimbang musim sebelumnya, pada mana Ronaldo mencatatkan nilai xG sebesar 29,43 dari 2920 menit bermain.

Lebih Banyak Peluang Ketimbang Penyerang United

Kemampuan Ronaldo menciptakan peluang pun jauh ketimbang para penggawa United. Musim lalu, pemain United dengan nilai xG terbesar adalah Marcus Rashford. Ia mencatatkan nilai xG sebesar 9,58 dari 2941 menit bermain.

Namun, jika menghitung dari menit bermain, pemain Manchester United dengan nilai xG tertinggi adalah Edinson Cavani. Pemain Uruguay ini mencatatkan nilai xG sebesar 8,6 dalam 1355 menit bermain. Artinya, dalam tiap menit, rata-rata Cavani mencatatkan nilai xg/menit bermain sebesar 0,00634.

Sementara, musim lalu, Ronaldo mencatatkan nilai xG sebesar 29,84 dalam 2807 menit bermain. Artinya, rata-rata, Ronaldo mencatatkan nilai xG/menit bermain sebesar 0,01063.

Piawai Bobol Gawang Lawan

Musim lalu, Ronaldo sukses 29 kali membobol gawang lawan. Hal ini dicatatkannya dalam 2807 menit bermain. Artinya, ia memiliki rataan gol/menit bermain sebesar 0,01033.

Lihat Juga:  Liverpool vs Tottenham, Klopp Agak Ngeri Lihat Counter Attack Kane dkk

Catatan Ronaldo ini memang turun dari rekor yang ia goreskan pada musim sebelumnya. Waktu itu, dari 2920 menit bermain, Ronaldo mencetak 31 gol. Ini berarti, rataan gol/menit bermain Ronaldo pada musim 2019/2020 sebesar 0,01061.

Lebih Tajam dari Penyerang United

Kendati menunjukkan penurunan tipis, Ronaldo tetap jauh lebih tajam ketimbang para penyerang United. Di barisan penyerang, Marcus Rashford merupakan pemain paling tajam bagi United. Pada musim 2020/2021, Rashford mencetak 11 gol dari 2941 menit bermain.

Namun, jika menghitung menit bermain, Edinson Cavani adalah pemain United yang paling tajam pada musim lalu. Pemain Uruguay ini mencetak 10 gol dari 1355 menit bermain. Artinya, dalam tiap menit bermain, Cavani mencatatkan 0,00738 gol.

Sementara, pada musim yang sama, Ronaldo mencatatkan 29 gol dari 2807 menit bermain. Artinya, rataan gol/menit bermainnya mencapai angka 0,01033.

Lebih Moncer Ketimbang Bruno Fernandes

Bruno Fernandes adalah pencetak gol terbanyak bagi United pada musim 2020/2021. Ia mencetak 18 gol dari 3117 menit bermain. Rata-rata, dalam tiap menit bermain, ia mencatatkan 0,00577 gol.

Lihat Juga:  Catatan Buruk Paulo Dybala yang Bikin Arsenal Ragu

Sementara, pada musim lalu, Ronaldo mencatatkan 29 gol dari 2807 menit bermain. Artinya, rataan gol/menit bermainnya mencapai angka 0,01033, atau lebih dari dua kali lipat Bruno Fernandes.

Nilai Komersial Masih Tinggi

Tak hanya soal teknis, secara bisnis pun, keputusan United memboyong Ronaldo juga sangat tepat. Mereka sukses memulangkan si anak hilang tersebut dengan harga lebih kecil ketimbang nilai pasarnya.

United disebut hanya harus merogoh kocek sebesar 20 juta euro untuk memulangkan Ronaldo. Sementara, menurut laman Transfermarkt, nilai pasar Ronaldo saat ini sekitar 45 juta euro.

Selain itu, kehadiran Ronaldo dan euforia kepulangannya ke Old Trafford bisa jadi bakal meningkatkan penjualan merchandise klub. Jersey united dengan nama Ronaldo bisa jadi bakal menjadi buruan para pencinta United. Bukan tak mungkin, dana yang dikeluarkan United untuk memboyong Ronaldo bakal tertutupi dengan pendapatan mereka dari penjualan merchandise tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Similar Posts