Berita Bola

Ramai Disebut Akan Dipecat, Shin Tae-yong Bilang Begini ke Pencinta Timnas Indonesia

Tribunbola.News – PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengeluarkan pembelaan setelah disebut gagal dalam dua tahun awal menukangi skuad Garuda. Shin Tae-yong menyebut untuk meraih kesuksesan dibutuhkan waktu. Karena itu, ia meminta fans untuk bersabar dan mendukung terus Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong membesut Timnas Indonesia sejak Desember 2019. Target awal Shin Tae-yong adalah memimpin skuad Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021.

Namun, Piala Dunia U-20 2021 batal terlaksana dan digeser ke 2023 karena pandemi Covid-19. Sekadar diketahui, ketika ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir 2019, Shin Tae-yong tak hanya bertanggung jawab atau menangani skuad senior.

Ia juga diminta membesut Timnas Indonesia U-19 dan U-23. Fakta di atas membuat pikiran Shin Tae-yong bercabang dan belum memberikan trofi bagi Timnas Indonesia.

Lihat Juga:  Cristiano Ronaldo Tidak Cocok untuk Man City, tapi Juga Tidak Mustahil!

Sejauh ini Shin Tae-yong memimpin Timnas Indonesia di dua ajang besar, yakni Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021. Hasilnya, Timnas Indonesia finis runner-up di Piala AFF 2020 dan hanya merebut medali perunggu SEA Games 2021.

Berhubung gagal merebut gelar juara di dua ajang tersebut, segelintir oknum netizen mendorong PSSI untuk memecat Shin Tae-yong. Netizen menyebut proses yang didengungkan Shin Tae-yong tak kunjung menunjukan progress.

“Jangan berpikir mengganti pelatih baru merupakan cara mencapai kesuksesan. Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan sebuah tim,” kata Shin Tae-yong saat hadir di podcast media asal Vietnam, Zing News.

“Saya memilih mengandalkan peman muda dan membentuk mereka seperti yang saya inginkan. Tentu saja tidak mudah dan tidak bisa langsung memberikan hasil, mengingat metode saya membutuhkan waktu,” lanjut Shin Tae-yong.

Lihat Juga:  Termasuk N'Golo Kante, Ini Prediksi Terbaru Starting XI Manchester United Musim Depan

“Namun, saya percaya arahnya sudah benar. Lebih baik memilih jalan lambat menuju pembangunan berkelanjutan, ketimbang mencapai kesuksesan tapi tak bertahan lama,” tegas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sangat yakin dengan pilihan pemain muda yang diandalkan di Timnas Indonesia senior, bakal menghasilkan prestasi terbaik. Terdekat, Timnas Indonesia akan turun di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait pada 8-14 Juni 2022.

“Keputusan (mengandalkan pemain muda) penuh risiko. Namun, saya berhasil mengubah mereka menjadi lebih baik. Saya yakin, mereka akan membawa masa depan yang cerah bagi sepakbola Indonesia,” tutup Shin Tae-yong. (okezone.com)

Similar Posts