Berita Bola

Starting XI MU Saat Terakhir Kali Juara Premier League, di Mana Mereka Sekarang?

Tribunbola.News – Starting XI Manchester United saat terakhir kali juara Premier League. Faktanya, Setan Merah terakhir kali juara liga pada musim 2012/13, alias sembilan tahun yang lalu.

Sembilan tahun bukan waktu yang singkat, apalagi untuk tim sekelas MU. Sembilan tahun terasa sangat panjang untuk tim yang sudah biasa jadi juara di bawah nama besar Sir Alex Ferguson.

MU belum pernah juara lagi sejak ditinggal Ferguson. Torehan terbaik mereka adalah finis di peringkat dua, di bawah Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solskjaer pada dua musim berbeda.

Finis peringkat dua sebenarnya tidak buruk, terlebih memperhatikan bahwa rival-rival MU juga semakin kuat. Persaingan Premier League dalam tiga atau empat tahun terakhir jauh lebih panas daripada sembilan tahun lalu.

Kendati demikian, tak ada salahnya mengenang kembali bagaimana kondisi tim MU saat terakhir kali menjuarai Premier League pada musim 2012-13 silam. Yuk simak selengkapnya,

Pemain yang paling sering diturunkan (most used eleven)

Mengamati skuad Man United di musim 2012-13 berujung pada satu kesimpulan yang jelas: Racikan Sir Alex Ferguson memang luar biasa!

Skuad MU pada musim itu sebenarnya tidak terlalu mentereng. Memang ada beberapa nama top seperti Robin van Persie, Wayne Rooney, atau David De Gea. Namun, sebenarnya lebih banyak nama pemain yang bisa dianggap level menengah.

Lihat Juga:  Rapor Chelsea di Final Carabao Cup vs Liverpool: Mendy Gila! Kai dan Silva Warbiyasah

Kondisi ini menunjukkan bahwa memiliki pemain top saja tidak cukup, sentuhan pelatih juga sangat penting. Fergie bisa memaksimalkan potensi skuad MU, bahkan membawanya ke level lebih tinggi. Berikut susunan pemain selengkapnya:

Man United (4-2-3-1): De Gea; Evra, Vidic, Ferdinand, Rafael; Cleverley, Carrick; Young, Valencia, Rooney; Van Persie

Pelatih: Sir Alex Ferguson

Susunan pemain tersebut menunjukkan kombinasi pemain top dan pemain level menengah yang terbukti berhasil membawa MU jadi juara.

Musim 2012-13, MU mengunci gelar Premier League dengan 89 poin, unggul cukup jauh dari Man City di peringkat dua dengan 78 poin. Lantas, di mana pemain-pemain itu sekarang?

Kiper dan lini belakang

De Gea: Nama yang satu ini mudah ditemukan. Sudah sembilan tahun berlalu, De Gea masih jadi kiper utama Setan Merah sampai sekarang. Posisinya sempat goyah di musim 2020-21, tapi De Gea kembali menunjukkan kualitasnya di musim 2021/22 lalu.

Evra: Bek Prancis ini terakhir kali merumput pada tahun 2018, bermain untuk West Ham di Premier League. Setelahnya, Evra pensiun dan memilih jalan karier sebagai analis. Dia cukup sering diminta berkomentar soal perkembangan skuad MU.

Lihat Juga:  Toni Kroos Tegaskan Real Madrid Belum Selesai di Bursa Transfer

Vidic: Dikenal sebagai salah satu pemain paling tangguh dalam sejarah MU, Vidic meninggalkan klub pada tahun 2014 dan sempat bermain untuk Inter Milan selama dua musim (2014-2016). Saat ini Vidic menetap di Milan bersama keluarganya dan masih membantu MU sebagai ambassador.

Ferdinand: Melewati 312 pertandingan, Ferdinand meninggalkan MU pada tahun 2014. Dia sempat melanjutkan bermain untuk QPR, tapi hanya semusim (2014-15). Saat ini, Ferdinand bekerja sebagai salah satu analis sepak bola di BT Sport.

Rafael: Muncul sebagai salah satu nama kejutan musim itu, Rafael adalah salah satu bukti sentuhan ajaib Fergie. Rafael meninggalkan MU pada tahun 2015, membela Lyon (2015-2020), Istanbul Basaksehir (2020-2021), dan sekarang masih bermain untuk Botafogo di usia 31 tahun.

Lini tengah

Michael Carrick dalam laga lanjutan Premier League antara Manchester United kontra Arsenal, Jumat (3/12/2021). Ini adalah laga terakhirnya sebagai pelatih the Red Devils. (c) AP Photo

Tom Cleverley: Gelandang 32 tahun ini masih bermain untuk Watford sampai sekarang, tapi kontraknya habis pada Juni 2022 ini. Cleverley meninggalkan MU pada tahun 2015 setleah sempat menjalani sejumlah peminjaman ke Leicester, Wigan, dan Aston Villa. Dia bergabung dengan Everton (2015-2017) dan hengkang ke Watford (2017-2022).

Lihat Juga:  Laga Baru Jalan 20 Menit, Luke Shaw Sudah Tahu kalau Man United akan Kalah dari Aston Villa

Michael Carrick: Salah satu gelandang legendaris MU. Michael Carrick gantung sepatu pada tahun 2018 dan lanjut membantu MU di balik layar. Dia menjadi bagian tim pelatih Solskjaer, tapi tidak lagi di era Erik ten Hag.

Lini depan

Ashley Young: Menariknya, Young adalah salah satu pemain serbabisa yang bisa mengisi beberapa posisi. Dia meninggalkan MU tahun 2020. Sempat membela Inter Milan (2020-2021) dan musim lalu masih bermain untuk Aston Villa. Kontraknya kedaluwarsa di akhir Juni 2022 ini.

Antonio Valencia: 10 tahun membela MU dan pergi pada tahun 2019, Valencia lantas pulang ke Ekuador untuk membela LDU Quito (2019-2020). Klub terakhirnya adlaha Queretaro, pensiun tahun 2021.

Wayne Rooney: Penyerang dan kapten tangguh Manchester United ini meninggalkan tim pada tahun 2017. Rooney sempat bermain untuk Everton (2017-2018), DC United (2018-2020), dan Derby Country (2020-2021). Kini dia menjabat sebagai pelatih Derby.

Van Persie: Striker andalan Fergie ini meninggalkan MU pada tahun 2015. Setelahnya Van Persie sempat bermain untuk Fenerbahce (2015-2018) dan Feyenoord (2018-2019). Sekarang dia menjadi asisten pelatih di Feyenoord.

Sumber: Bola, Manchester United, Transfermarkt

Similar Posts