Berita Bola

Shin Tae-yong Panik Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye Terancam Gagal Perkuat Timnas Indonesia Lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Tribunbola.News – Jika melihat kondisi sekarang, kecil peluang Timnas Indonesia diperkuat Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye yang sedang menjalani proses naturalisasi.

Menurut Exco PSSI, Arya Sinulingga, proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye sudah sampai di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sayangnya, DPR sedang memasuki masa reses hingga 7 Maret 2024!

“Ragnar sama Thom Haye sudah beres di pemerintah. Kami mau majukan ke DPR,” kata Arya Sinulingga di Jakarta pada Selasa, 6 Februari 2024.

“Kami tidak salahkan siapa pun gitu, karena memang jadwalnya memang begitu. DPR-nya reses hari ini sampai 7 Maret,” lanjut pria berkacamata itu.

Jika berkaca kepada proses naturalisasi Jay Idzes pada Desember 2023, prosesnya memang terhitung cepat. Saat itu, proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On disahkan DPR pada 5 Desember 2023.

Lihat Juga:  Real Madrid Kalah dari Atletico, Ancelotti: Ini Kesalahan Saya!

Berselang lima hari atau pada 11 Desember 2023, Keputusan Presiden (Keppres) untuk proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo. Setelah Keppres diterbitkan, proses selanjutnya adalah pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

Saat itu, Jay Idzes baru mengambil sumpah WNI 18 hari berselang atau pada 28 Desember 2023. Merujuk kepada proses naturalisasi Jay Idzes, coba kita buat simulasi proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye.

Semisal proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye disetujui DPR pada 8 Maret 2024, Keppres kemungkinan diterbitkan presiden pada 13 Maret 2024.

Lantas, apakah Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye bisa langsung mengambil sumpah WNI di Jakarta? Jawabannya belum tentu, mengingat agenda klub kedua pemain yang lumayan padat pada Maret 2024.

Lihat Juga:  Maaf ya MU, Darwin Nunez Maunya Gabung Liverpool!

Mereka kemungkinan baru mengambil sumpah ketika FIFA Matchday Maret 2024, atau ketika Timnas Indonesia bersiap menghadapi Vietnam! Jika pun mengambil sumpah di periode tersebut, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye tak bisa langsung membela Timnas Indonesia.

Sebab, keduanya harus berpindah federasi dari KNVB ke PSSI yang biasanya memakan waktu satu minggu. Karena itu, kecil peluangnya melihat Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye memperkuat Timnas Indonesia pada Maret 2024, apalagi Maarten Paes.

Jika pemain-pemain ini batal tampil, Timnas Indonesia tentunya dirugikan. Sebab, Timnas Indonesia membutuhkan mereka demi meraup poin sempurna saat dua kali bersua Vietnam, demi membuka peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Lihat Juga:  Saingi Liverpool, Juventus dan AC Milan Berebut Jasa Christian Pulisic

Similar Posts