Berita Bola

Shin Tae-yong Soal Disiplin Pemain Timnas: Di Korea 3 Menit Langsung Latihan, di Indonesia 15 Menit Belum Siap

Tribunbola.News – Pelatih Shin Tae-yong mengungkap ada perbedaan disiplin waktu antara pemain Timnas Indonesia dan Korea Selatan. Menurutnya, pemain di Indonesia butuh waktu hingga 15 menit untuk siap memulai latihan.

Shin Tae-yong menjadi pelatih Indonesia mulai 2020 lalu. Selain pada level senior, pria 53 tahun juga melatih pada level U-20 dan U-23. Sementara, kontrak Shin Tae-yong dengan Indonesia akan berakhir pada Juni 2024 nanti.

Sebelum menjadi pelatih Indonesia, Shin Tae-yong sempat melatih Korea Selatan. Dia jadi pelatih tim senior pada 2017 hingga 2018 lalu. Sebelum itu, Shin Tae-yong bekerja untuk melatih Korea Selatan U-20 dan U-23.

Dari pengalaman itu, Shin Tae-yong melihat ada beberapa perbedaan antara pemain di Indonesia dan Korea Selatan. Salah satunya soal disiplin waktu. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

Lihat Juga:  Chelsea Bakal Sibuk di Januari 2023 untuk Cari Bek Sayap dan Gelandang

Pemain di Indonesia Lebih Santai

Kepada Sports Khan, Shin Tae-yong menyebut ada perbedaan mendasar antara pemain di Indonesia dan Korea Selatan soal disiplin waktu. Salah satunya adalah ketika pemain datang untuk menjalani sesi latihan rutin.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa pemain di Korea Selatan hanya butuh waktu bersiap selama tiga menit. Jauh lebih efektif jika dibanding di Indonesia.

“Berbeda dengan pemain Korea Selatan yang tiba di tempat latihan dan bersiap dalam waktu 2-3 menit, pemain Indonesia tidak keluar bahkan setelah 10 atau 15 menit dan mereka lebih santai,” kata Shin Tae-yong pada Sports Khan.

Harus Bikin Jadwal Ketat

Shin Tae-yong beradaptasi dengan kebiasaan yang ada di Timnas Indonesia. Dia harus menyesuaikan beberapa pemikirannya dengan situasi dan kebiasaan pemain. Salah satu adaptasinya adalah soal waktu ibadah bagi para pemain.

Lihat Juga:  Chelsea Resmi Dapatkan Striker Baru, Beli dari Brasil

Namun, dalam hal disiplin waktu latihan, Shin Tae-yong tidak ingin banyak melakukan kompromi. “Jadi saya buat jadwalnya supaya harus bergerak cepat dari selesai latihan, mandi, dan pulang makan,” katanya.

“Saya butuh waktu empat tahun untuk mengubah aturan saya yang seperti itu,” ucapnya.

Similar Posts