Berita Bola

Kontroversi Gol Kevin De Bruyne ke Gawang Real Madrid

Tribunbola.News – Kontroversi terjadi pada duel Real Madrid vs Manchester City pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2022/2023. Pada proses gol Kevin De Bruyne, bola diyakini sudah berada di luar lapangan sebelum dijangkau oleh Jack Grealish.

Real Madrid menjamu Man City pada duel di Bernabeu, Rabu (10/5/2023) dini hari WIB. Madrid unggul lewat gol Vinicius Junior pada menit ke-36. Pemain asal Brasil itu melepas tendangan keras dari luar kotak penalti.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-67, City mampu menyamakan kedudukan. Usai menerima umpan dari Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne melepas tendangan keras yang meluncur ke gawang Madrid. Skor menjadi imbang 1-1.

Lihat Juga:  Latihan Penalti Nyentrik ala Timnas Inggris, Tendang Langsung tanpa Hadapi Kiper

Nah, gol De Bruyne tersebut yang kemudian jadi perbincangan menarik. Sebab, agak jauh ke belakang, bola diyakini sudah keluar dari lapangan. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

Benarkah Bola Sudah Keluar?
Saat Bernardo Silva mampu menjangkau bola, posisinya memang sudah berada di pinggir garis. Jika dilihat dengan mata telanjang, sulit untuk menentukan apakah bola sudah keluar atau masih berada di dalam lapangan.

beIN Sport, yang menayangkan pertandingan tersebut, memakai teknologi 3D untuk melakukan analisis. Mereka mencari tahu apakah bola sudah keluar atau masih di dalam lapangan.

Hasilnya, beIN Sport menemukan sudut untuk menggambarkan bahwa bola sudah di luar lapangan. Bukan lagi sebagian, akan tetapi sepenuhnya. Harusnya, permainan dihentikan dan dimulai laga dengan lemparan ke dalam.

Lihat Juga:  Maaf ya MU, Darwin Nunez Maunya Gabung Liverpool!

Mengapa VAR tak Melakukan Intervensi?

VAR tidak melakukan tinjauan pada proses gol Kevin De Bruyne. Wasit Arthur Soares Dias juga tidak melakukan review ulang atas momen tersebut. Mengapa itu bisa terjadi?

“VAR biasanya memeriksa apakah sebuah gol sah atau tidak,” buka FIFA’s Chief of Global Football Development, Arsene Wenger.

“Pada situasi itu, VAR harus mengintervensi dan mereka tidak pergi cukup jauh ke belakang untuk memeriksa apakah bola keluar atau tidak atau mereka [tidak dapat] memeriksa apakah bola keluar atau tidak.”

“Saya pikir kita pergi untuk solusi kedua karena biasanya VAR tidak bisa mengecek di sideline, hanya di garis gawang,” tegas mantan manajer Arsenal.

Lihat Juga:  Roberto Firmino Jelaskan Alasan Tinggalkan Liverpool

Respon Carlo Ancelotti

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, menjadi pihak yang tidak puas dengan disahkannya gol Kevin De Bruyne. Sebab, pelatih asal Italia itu meyakini bahwa bola sudah keluar lapangan sebelum dijangkau Bernardo Silva.

“Bola keluar lapangan. Hanya itu saja. Teknologi mengatakannya. Saya tidak mengerti mengapa VAR tidak memeriksa. Wasit tidak memperhatikan banyak hal,” ucap Don Carlo.

Similar Posts