Berita Bola

Kontroversi Penalti Mudryk vs Italia: Wasit Bilang Tidak, Pelatih Ukraina Tak Sependapat

Tribunbola.News – Italia memastikan diri lolos ke Euro 2024 usai bermain imbang dengan Ukraina di laga penentuan. Namun, kelolosan Italia ini diwarnai sebuah keputusan kontroversial.

Ukraina dan Italia bermain imbang 0-0 di Bay Arena (Jerman) pada matchday terakhir Grup C Kualifikasi Euro 2024, Selasa (21/11/2023). Hasil ini membuat Italia lolos menyusul Inggris ke putaran utama.

Italia (14 poin) finis sebagai runner-up Grup C di belakang Inggris (20 poin). Italia memiliki poin yang sama dengan Ukraina, tapi unggul head-to-head atas mereka.

Hasil akhirnya bisa saja berbeda andai wasit Jesus Gil Manzano asal Spanyol memberi Ukraina hadiah penalti untuk potensi pelanggaran Bryan Cristante terhadap Mykhaylo Mudryk saat laga sudah masuk injury time. Namun, penalti itu tidak diberikan, dan Italia lolos ke Euro 2024.

Lihat Juga:  AS Roma Pinjam Romelu Lukaku dari Chelsea

Ukraina Harus Menang, Italia cuma Butuh Imbang

Dalam laga di Leverkusen ini, Ukraina harus menang jika ingin menggusur Italia dari peringkat dua dan lolos otomatis ke Euro 2024. Sementara itu, Italia hanya membutuhkan hasil imbang.

Ketika Cristante terlihat ‘mengambil’ engkel Mudryk di kotak terlarang pada menit 90+3, Ukraina melihat sebuah harapan. Akan tetapi, harapan Ukraina itu musnah.

Wasit berkata play on dan VAR tidak mengintervensi keputusan tersebut.

Andai penalti diberikan dan Ukraina bisa mencetak gol, maka kemenangan akan meloloskan mereka ke putaran utama. Wajar jika pelatih Ukraina, Serhiy Rebrov, bertanya-tanya.

Rebrov: Itu Penalti

“Menurut saya, itu penalti. Namun, ada wasit dan VAR. Bukan kami yang menentukan,” kata Rebrov, seperti dikutip Football Italia.

Lihat Juga:  Inter Milan Lolos Perempatfinal Liga Champions 2022-2023, Simone Inzaghi Kagum dengan Energi Pemainnya

“Wasit tidak dipanggil untuk melihat videonya.”

“Dari pandangan saya, itu penalti. VAR tidak mempertimbangkan untuk memanggil wasit ke depan layar monitor,” imbuhnya.

Italia Susul Inggris, Ukraina ke Play-off

Inggris dan Italia lolos dari Grup C. Sementara itu, Ukraina, yang finis peringkat tiga, masih punya peluang.

Ukraina masuk play-off via jalur UEFA Nations League.

Sebanyak 24 tim akan bertanding di putaran utama Euro 2024. Komposisinya terdiri dari tuan rumah Jerman (lolos tanpa kualifikasi), 20 tim juara dan runner-up Grup A sampai Grup J, serta tiga tim dari play-off.

Ukraina akan memperebutkan satu dari tiga tiket melalui jalur play-off, yang akan dimulai pada Maret 2024 mendatang.

Lihat Juga:  Sinyal Positif Buat Chelsea, Erling Haaland Tertarik Dengarkan Tawaran Mereka

Similar Posts