Berita Bola

Erick Thohir Jujur Akui Tak Punya Alternatif Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Tribunbola.News – Masa depan Shin Tae-yong di kursi pelatih Timnas Indonesia hingga kini masih abu-abu. Namun, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI mengaku masih tak memiliki alternatif calon penggantinya.

“Kalau ditanya ‘Pak Erick, mencari alternatif pelatih pengganti Shin Tae-yong?’ Tidak ada!,” ujar Erick Thohir di Denpasar, Bali, pada Selasa (30/1/2024).

Erick Thohir sebenarnya telah mempersiapkan perpanjangan kontrak tiga tahun lagi atau sampai 2027 untuk Shin Tae-yong dengan dua target yang mesti dipenuhi.

Pertama, Shin Tae-yong perlu meloloskan Timnas Indonesia ke-16 besar Piala Asia 2023 Qatar, yang telah diwujudkannya meski kalah 0-4 dari Timnas Australia.

2 Parameter Syarat Perpanjangan Kontrak

Kedua, arsitek asal Korea Selatan itu harus membawa timnas U-23 melaju ke perempat final Piala Asia U-23 2024 Qatar yang bakal digelar pada 15 April-3 Mei 2024.

Lihat Juga:  Jadwal Siaran Langsung Premier League di Mola TV Hari Ini, Sabtu 18 Desember 2021

“Sebab, kesepakatan kontrak saya dengan Shin Tae-yong sampai Juni 2024 dengan dua parameter untuk perpanjangan yang lebih panjang hingga 2027,” imbuh Erick Thohir.

“Itu kesepakatannya. Kalau terjadi, otomatis kami bicara perpanjangan kontrak sampai tiga tahun lagi,” ucap pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI ini.

Tidak Bisa Larang Shin Tae-yong

“Kalau masalah coach Shin Tae-yong dilirik negara lain, saya tidak bisa melarang. Yang pasti, ada tugas yang kami sepakati dan itu kesepakatan profesional,” kata Erick Thohir.

“Jadi, misalnya coach Shin Tae-yong ada pilihan ke negara lain, saya tidak bisa melarang. Tapi kesepakatan bersama saya sebagai profesional, kontraknya sampai Juni 2024.”

Lihat Juga:  Kekacauan di Bayern Munchen

“Karena ini kesepakatannya, jadi saya menghormati kesepakatan itu dan tidak berpikir yang lain,” ungkap eks Presiden Inter Milan tersebut.

Blak-blakan Shin Tae-yong

Sebelumnya, kepada media Korea Selatan, Kyunghyang Shinmun, Shin Tae-yong buka-bukaan telah menerima pinangan dari tim lain, namun ia mengisyaratkan bertahan di Timnas Indonesia.

“Saya menerima tawaran itu sekitar sepekan yang lalu,” ujar Shin Tae-yong.

“Ada diskusi mengenai kontrak baru dengan Timnas Indonesia dan saya bisa saja membayar denda untuk pergi ke tempat lain.”

“Namun, untuk saat ini, saya sudah berjanji mempunyai kontrak bersama Timnas Indonesia sampai Juni 2024,” kata Shin Tae-yong.

Similar Posts