Berita Bola

Girona Hajar Barcelona Bukanlah Kebetulan

Tribunbola.News – Girona masih jadi sensasi di Liga Spanyol musim 2023/2024 ini. Mereka memimpin klasemen sementara setelah 17 laga, unggul dari Real Madrid dan Barcelona.

Terbaru, Selasa (19/12/2023) dini hari WIB, Girona sukses membungkam Deportivo Alaves dengan skor telak 3-0 dalam laga La Liga 2023/2024 jornada 17 yang digelar di Estadi Municipal de Montilivi.

Girona tampil agresif sejak awal laga. Tuan rumah pun sukses membuka keunggulan pada menit ke-23 lewat sundulan Artem Dovbyk memanfaatkan sebuah bola rebound.

Portu sukses menggandakan keunggulan Girona menjadi 2-0 lewat golnya pada menit ke-42 meneruskan assist Yan Couto. Keunggulan dua gol Girona pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Girona menambah satu gol lagi lewat eksekusi penalti Dovbyk pada menit ke-59. Skor 3-0 untuk kemenangan Girona menjadi hasil akhir dari pertandingan ini.

Lihat Juga:  Apa Posisi Terbaik untuk Oleksandr Zinchenko di Arsenal?

Berkat hasil ini, Girona dengan poin 44 berhak kembali ke puncak klasemen menggusur Real Madrid yang berselisih dua angka.

Kalahkan Barcelona
Pekan sebelumnya, Girona juga membuktikan langsung kualitas mereka ketika menghadapi juara bertahan Barcelona. Bertandang ke Camp Nou, Girona pulang dengan kemenangan 4-2.

Bertemu di pekan ke-16 La Liga 2023/2024, Barcelona tentu lebih diunggulkan di pertandingan ini. Kualitas skuad Barca lebih baik, mereka bermain di hadapan pendukung sendiri.

Meski begitu, yang terjadi justru sebaliknya. Girona bermain sangat efektif untuk mempermalukan tuan rumah di hadapan publik Camp Nou.

Empat gol Girona masing-masing dicetak oleh Artem Dovbyk (12′), Miguel Gutierrez (40′), Valery Fernandez (80′), dan Cristhian Stuani (90+5′). Barca sendiri sempat mencetak gol lewat aksi Robert Lewandowski dan Ilkay Gundogan.

Lihat Juga:  AC Milan dan Villarreal Sepakati Harga Transfer Samuel Chukwueze

Bukanlah kebetulan
Kini setelah melihat pembuktian Girona di puncak klasemen Liga Spanyol, dapat disimpulkan bahwa kemenangan mereka atas Barcelona bukanlah sebuah kebetulan. Girona bukan sekadar sensasi singkat di awal musim.

Meski namanya tidak begitu terdengar, Girona sebenarnya punya cukup banyak pemain bintang berbakat dalam tim mereka. Bahkan sebagian besar pemain sudah masuk radar tim top.

Ada Artem Dovbyk, striker andalan yang kini sudah mencetak 10 gol. Ada Miguel Gutierrez, bek kiri yang sempat belajar di akademi Real Madrid. Dan bintang utamanya adalah Aleix Garcia, gelandang yang mendikte permainan tim.

Girona juga punya kiper berpengalaman, Paulo Gazzaniga. Pemain semacam Yangel Herrera dan Cristhian Stuani juga kerap kali membuat kontribusi penting di pertandingan.

Lihat Juga:  Penyebab Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Akan Tampil Lebih Kuat di Kualifikasi Piala Asia 2023

Pelatih Girona, Michel layak dapat apresiasi untuk kerja kerasnya. Dia membentuk tim yang sekarang selama dua tahun terakhir.

Bagian dari City Football Group
Fakta lain yang tidak kalah menarik, Girona adalah bagian dari dinasti raksasa City Football Group yang dipimpin oleh Sheikh Mansour. Konsorsium ini memang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia sepak bola.

City Football Group memiliki 47% saham kepemilikan Girona. Situasi yang hampir sama dialami oleh klub-klub lain, di antaranya New York City, Melbourne City, Yokohama Marinos, dan tentu saja Manchester City.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa City Football Group memiliki basis pendanaan yang kuat. Itu ditambah dengan perencanaan proyek perkembangan tim yang valid.

Similar Posts