Berita Bola

Kembali ke Trek Positif, Pep Guardiola Sebut Manchester City Sempat Dilanda ‘Bosan’ Menang

Tribunbola.News – Josep Guardiola menilai Manchester City terlalu terbiasa dengan kemenangan dalam beberapa musim terakhir dan sebenarnya membutuhkan tantangan dari kesulitan yang mereka hadapi akhir-akhir ini.

Man City akhirnya mengakhiri empat pertandingan tanpa kemenangan beruntun usai mengalahkan Luton Town pada laga lanjutan pekan ke-16 Premier League 2023/24. Bermain di Kenilworth Road, Minggu (10/12/2023) malam WIB, mereka menang 2-1.

Pertandingan ini bukannya tanpa masalah, setelah The Citizens tertinggal terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Elijah Adebayo di menit 45+2. Namun, dua gol beruntun dari Bernardo Silva dan Jack Grealish di pertengahan babak kedua membuyarkan kemenangan tim tuan rumah.

Kemenangan ini membuat sang juara bertahan berada di peringkat empat dengan 33 poin, empat poin di bawah pemuncak klasemen Liverpool dalam perebutan gelar juara. Luton tetap berada di zona degradasi dengan sembilan poin, terpaut empat poin dari posisi ke-17.

Lihat Juga:  Shin Tae-yong Ngotot Panggil Justin Hubner dkk. ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024, Bisakah?

Simak komentar Pep Guardiola di bawah ini.

Akui Dilanda Kebosanan
Selepas pertandingan, Guardiola mengatakan para penggawa Man City sejatinya diliputi oleh rasa penat. Tak ayal, beberapa hasil minor sempat mereka rasakan sebelum kembali ke jalur kemenangan.

“Sebagai seorang manajer, saya terkadang membutuhkan tantangan,” kata Guardiola kepada BBC.

“Saya pikir untuk semua orang di klub, ini bagus untuk apa yang kami jalani. Saya pikir itu perlu untuk dijalani.

“Untuk waktu yang lama, [itu tentang] betapa bagusnya kami, seperti kucing [yang dibelai]. Dan mungkin kita perlu mengatakan bahwa itu mengerikan. Itu semua indah dan sekarang kami [kesusahan] memenangkan satu pertandingan.

“Mungkin untuk diri saya sendiri, saya membutuhkan tantangan itu untuk membuktikan bahwa saya adalah manajer yang baik untuk mengangkat para pemain dan berharap mereka dapat mengatasi situasi tersebut.”

Lihat Juga:  Dibuang MU, Mason Greenwood Ikut Ramaikan Liga Arab Saudi?

Syukuri Kembali Raih Kemenangan
Kemudian, pelatih asal Spanyol itu mengakui anak asuhnya tidak membiarkan potensi kekalahan untuk kedua kalinya dalam sepekan dan mengakhiri akhir pekan dengan jarak tujuh poin dari puncak klasemen Liga Inggris.

“Hal terpenting untuk mengubah dinamika adalah memenangkan pertandingan, itu sangat membantu,” imbuhnya.

“Kami terkadang tidak mendapatkan hasil ketika kami pantas mendapatkannya, tetapi itulah yang terjadi.

“Hari ini adalah ujian yang bagus untuk fakta bahwa kami memainkan babak pertama yang sangat, sangat bagus melawan tim seperti ini, stadion seperti ini. Kami melakukannya dengan sempurna. Kami tidak kebobolan banyak, menciptakan cukup banyak peluang untuk mencetak gol.”

Sempat Cemas
Guardiola mengakui bahwa ia sempat khawatir dengan kemungkinan gagal meraih kemenangan untuk kelima kalinya secara beruntun ketika Adebayo membawa Luton unggul.

Lihat Juga:  Jadwal Siaran Langsung Premier League di Mola TV Hari Ini, 16 Mei 2022

“Saya sempat memikirkan hal itu [kalah],” katanya. “Namun saya berkata kepada [para pemain] ‘apa yang harus kita lakukan, mengasihani diri kita sendiri? Kami tidak perlu mengasihani diri sendiri. Ini sepak bola, ini hidup, ini sudah terjadi.

“Apa yang akan kami lakukan? Mengeluh karena tidak beruntung? Para penyerang, lebih agresif, cetaklah gol-gol. Pertahankan umpan silang dengan lebih baik di menit-menit terakhir dan bersikaplah positif.

“Kami harus mengingat diri kami sendiri. Karakter besar, tim besar, seperti tim ini. Mereka ditentukan dalam situasi-situasi seperti ini.”

Guardiola mengonfirmasi bahwa pencetak gol terbanyak Erling Haaland, yang absen dalam pertandingan ini karena mengalami patah tulang pada kakinya.

Kemungkinan besar striker asal Norwegia itu juga akan absen dalam laga tandang ke Belgrade untuk menghadapi Red Star dan pertandingan akhir pekan depan melawan Crystal Palace.

Similar Posts