Berita Bola

Legenda Timnas Indonesia Sindir Kinerja Shin Tae-yong: Sesumbar Sudah Level Asia tapi Kalah Terus!

Tribunbola.News – Pesepakbola legenda Timnas Indonesia, Andjas Asmara, menyindir kinerja Shin Tae-yong bersama skuad Garuda. Andjas Asmara menilai permainan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong membosankan.

Shin Tae-yong sudah empat tahun menangani Timnas Indonesia. Sejumlah pencapaian dicetak pelatih 53 tahun itu untuk Timnas Indonesia.

Beberapa di antaranya meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, sesuatu yang terakhir kali dicapai skuad Garuda 17 tahun silam, serta mendongkrak ranking FIFA skuad Garuda. Satu lagi, pelatih asal Korea Selatan itu juga membawa Timnas Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia untuk pertama kalinya.

Namun, Andjas Asmara yang merupakan pemain Timnas Indonesia era 1970-an belum cukup puas dengan pencapaian Shin Tae-yong bersama skuad Garuda. Ia bahkan menyindir Shin Tae-yong yang mengatakan level Timnas Indonesia sudah level Asia tapi kalah terus. Ambil contoh di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia kalah tiga kali dari empat penampilan.

Lihat Juga:  Jude Bellingham Serang Balik Suporter Inggris yang Ragukan Henderson

“Apa yang dikerjakan STY selama empat tahun ini? Minta naturalisasi, sudah diberikan. Tapi permainan membosankan. Malah parkir bus. Dia enggak bisa membuat anak-anak kita bikin gol. Malah kebobolan gol yang banyak,” kata Andjas Asmara, Okezone mengutip dari Instagram Tommy Welly, @bungtowel8.

“Ini semua salah STY. Anak-anak tidak diberikan kepintaran apa-apa. Kecuali fisik saja diutamakan tapi skill atau otak sepakbolanya tidak dilatih. Sesumbar sudah level Asia tapi kalahan terus. Menangnya cuma dari tim kacangan ASEAN,” lanjut Andjas Asmara.

Andjas Asmara bahkan meminta PSSI untuk memberhentikan Shin Tae-yong yang kontraknya segera berakhir pada 30 Juni 2024.

“Sebagai mantan pemain timnas saya kecewa dengan pat gulipatnya STY. Cukup sudah, jangan mau dibodoh-bodohi lagi. Segera saja PSSI cari pelatih lain yang benar-benar mampu melatih timnas dan bukan yang sibuk main iklan saja!,” ujar Andjas Asmara.

Lihat Juga:  Drama 5 Menit Atletico Madrid vs Man City: 7 Kartu dan Senyum Phil Foden di Depan Simeone

Shin Tae-yong masih akan memimpin Timnas Indonesia sebelum kontraknya berakhir pada 30 Juni 2024 (masih ada peluang diperpanjang). Pertama, eks juru taktik Seongnam FC itu akan memimpin Timnas Indonesia bersua Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Setelah itu, Shin Tae-yong akan mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ambil bagian di Piala Asia U-23 2024 Qatar pada 15 April – 3 Mei 2024. Di ajang ini, skuad Garuda Muda tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania dan Australia.

Selanjutnya pada 6 dan 11 Juni 2024 Timnas Indonesia akan bersua Irak dan Filipina di dua laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Menarik menanti apakah kontrak Shin Tae-yong bakal diperpanjang PSSI atau tidak nantinya.

Lihat Juga:  Demi Kebaikan Kariernya, Christian Pulisic Lebih Baik Tinggalkan Chelsea

Similar Posts